Social Icons

Pages

Kamis, 24 Maret 2016

SAKSI 2016 SMP Labschool Jakarta



Saksi adalah kegiatan tahunan di SMP Labschool. Saksi adalah kependekan dari Studi dan Apresiasi Kepimpinan Siswa Indonesia. Kegiatan ini diperuntukkan bagi siswa baru SMP Labschool. Tujuan dari kegiatan Saksi adalah agar para siswa baru menjadi pemimpin yang cerdas, handal, jujur, berkarakter, berwibawa, dan mempunyai nasionalisme yang tinggi.

Saya diterima di SMP Labschool pada bulan Mei 2015, sehingga pada bulan Februari 2016, sebagai  siswa baru kegiatan ini wajib saya ikuti. Pada tahun ini, kegiatan Saksi dilaksanakan dari hari Jumat tanggal 5 Februari hingga hari Minggu tanggal 7 Februari 2016.

Pada hari Jumat pagi jam 4.30 WIB, saya sudah bangun untuk segera bersiap-siap mengikuti kegiatan Saksi. Setelah mandi dan sarapan segera saya kenakan seragam pramuka sesuai dengan petunjuk kegiatan. Setelah itu saya ambil tas ransel yang sudah terisi dengan semua perlengkapan, dan segera menuju ke mobil yang akan mengantarkan saya ke sekolah. Sesuai dengan petunjuk kegiatan, para peserta sudah harus mencapai sekolah sebelum jam 5.30 WIB.

Alhamdulillah, saya tiba di sekolah sebelum jam 5.30 WIB. Setelah pamit dengan orang tua yang mengantarkan saya, segera saya ambil tas ransel saya yang berada di belakang mobil. Kemudian dengan bergegas saya berlari menuju Hall Masjid SMP Labschool tempat para peserta Saksi berkumpul. Setibanya di Hall, saya mendapati sudah cukup banyak teman teman saya yang sudah tiba terlebih dahulu. Segera saya berkumpul dengan mereka sambil menunggu panggilan untuk melaksanakan apel. Tidak lama kemudian apel dilaksanakan dan diisi dengan sambutan dari Pak Ali Chudori selaku Kepala Sekolah SMP Labschool.

Setelah apel selesai, para peserta diperintah untuk membawa semua perlengkapan dan menuju ke mobil tronton yang sudah dipersiapkan untuk membawa para peserta ke lokasi pelaksanaan kegiatan Saksi. Lama perjalanan diperkirakan sekitar 2 jam. Selama diperjalanan, untuk mengisi waktu kami dan  beberapa kakak kelas pengurus OSIS bernyanyi dengan iringan gitar.

Tidak terasa kami pun tiba di tujuan. Tetapi tempat pemberhentian mobil yang membawa kami ke sini ternyata masih jauh dari lokasi yang sebenarnya yaitu di Dodiklatpur Rindam Jaya, Gunung Bunder, tidak jauh dari Kota Bogor. Tempat ini sebenarnya adalah tempat pendidikan dan latihan bagi militer. Setelah para peserta turun dari mobil, kami pun berjalan beriringan menuju ke lokasi tersebut. Tiba di lokasi, kami berkumpul di lapangan dan mengikuti apel. Apel ini diisi dengan sambutan dari pimpinan TNI di lokasi tersebut.

Setelah apel selesai, dimulailah kegiatan-kegiatan utama Saksi. Para peserta diperintahkan untuk membentuk 8 pleton untuk mengikuti latihan baris berbaris. Latihan baris berbaris dilaksanakan kurang lebih 1 jam. Setelah itu para peserta diperintahkan untuk membawa barang-barang ke barak yang sudah diatur untuk para peserta. Setelah beristirahat dan meletakkan barang bawaan masing-masing, para peserta kemudian menuju mesjid untuk melaksanakan shalat Jumat.

Setelah selesai shalat Jumat, para peserta kembali ke barak masing-masing dan bersiap-siap untuk mengikuti kegiatan berikutnya, yaitu makan komando. Makan komando adalah makan yang dibatasi oleh waktu dan makanannya harus dihabiskan tanpa ada sisa satu butir nasi. Pada kegiatan ini, para peserta diatur berhadap-hadapan dengan posisi badan tegak dan sudah tersedia makanan di hadapan mereka. Waktu yang diberikan kurang lebih 5 menit. Kami pun makan dengan terburu-buru karena waktu yang berikan sangat singkat dan makanannya harus dihabiskan.

Kegiatan berikutnya setelah makan komando adalah mendengarkan materi tentang hewan melata dan penanggulangan bisa ular. Materi ini disampaikan oleh Lembaga SCIOUX. Disini kami diberikan pengetahuan tentang cara-cara menanggulangi gigitan ular berbisa agar dampaknya tidak terlalu parah.

Kegiatan-kegiatan berikutnya adalah shalat Asar, peragaan busana, dan makan komando. Setelah mandi dan ganti pakaian, para peserta melaksanakan shalat Maghrib yang digabungkan dengan shalat Isya (jamak). Kegiatan hari pertama ini ditutup dengan mendengarkan materi tentang kepemimpinan yang disampaikan oleh wakil dari TNI. Setelah itu para peserta dipersilahkan kembali ke barak masing-masing untuk beristirahat dan tidur.

Hari kedua Saksi, para peserta bangun jam 4.00 WIB untuk bersiap-siap melaksanakan shalat Subuh. Setelah shalat Subuh, kegiatan berikutnya adalah olahraga pagi. Selesai berolahraga, para peserta sarapan dengan cara makan komando. Setelah itu para peserta beristirahat dan mandi, dan berganti pakaian dengan mengenakan pakaian Saksi 2016 yang berupa kaos dengan motif kamuflase (kaos loreng berwarna hijau).
http://wijayalabs.com/wp-content/uploads/2016/02/file5967.jpg
Kegiatan berikutnya adalah outbound dan hiking ke lokasi air terjun. Pada kegiatan outbound, yang paling menarik adalah ketika kami harus menuruni tebing dengan tali dan dengan cara flying fox. Setelah itu kami berjalan menuju lokasi air terjun. Di air terjun para peserta diberi kebebasan untuk bermain air dan berbasah-basahan.

Setelah puas bermain air, kami segera kembali ke barak dan tiba disana sekitar jam 17.00 WIB. Setelah mandi dan berganti pakaian, para peserta makan malam dengan cara makan komando dan kemudian shalat Maghrib yang digabung dengan shalat Isya (jamak).

Kegiatan hari kedua ini ditutup dengan kegiatan PENSI. Pada kegiatan ini setiap kelompok menampilkan pertunjukan tertentu sesuai dengan hasil undian. Pada PENSI ini kelompok saya mendapat undian pertunjukan lipsing, dimana kami berpura-pura bernyanyi dan berjoged dangdut. Setelah kegiatan PENSI selesai, para peserta dipersilahkan kembali ke barak masing-masing untuk beristirahat dan tidur.

Hari ketiga Saksi, sebagaimana hari sebelumnya para peserta bangun jam 4.00 WIB untuk bersiap-siap melaksanakan shalat Subuh dan olahraga pagi. Selesai berolahraga, para peserta mandi dan berganti pakaian dengan mengenakan pakaian angkatan 24 SMP Labschool.  Kemudian para peserta sarapan dengan cara makan komando.

Setelah sarapan, kami pun membereskan barang-barang bawaan dan segera berkumpul ke lapangan utama untuk melaksanakan apel penutupan Saksi 2016. Setelah apel penutupan, kegiatan berikutnya adalah foto bersama sesuai dengan kelas masing-masing. Setelah foto bersama, para peserta membawa barang masing-masing ke tronton dan bersiap-siap untuk kembali ke SMP Labschool.

Perjalanan pulang diperkirakan sekitar 2 jam. Seperti waktu keberangkatan, selama diperjalanan pulang ini kami bernyanyi-nyanyi dengan iringan gitar. Kurang lebih pukul 12.00 WIB, kami pun tiba di SMP Labschool.

Setibanya di SMP Labschool, para peserta dipersilahkan untuk kembali ke rumah masing-masing. Saya pun kembali ke rumah dengan dijemput oleh orang tua saya. Selama 3 hari mengikuti kegiatan Saksi ini, benar-benar terasa letih dan lelahnya. Tetapi rasa letih dan lelah tersebut tidak seberapa bila dibandingkan dengan manfaat yang saya dapatkan selama mengikuti kegiatan Saksi ini. Saya merasa lebih mandiri dan dewasa sebagai siswa dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari baik kegiatan di sekolah maupun kegiatan di rumah. Untuk itu saya sangat menyarankan agar kegiatan seperti ini tetap dilaksanakan bagi para siswa baru SMP Labschool agar mereka juga mendapatkan manfaat-manfaat seperti yang saya dapatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates