Social Icons

Pages

Kamis, 24 Maret 2016

Pelantikan Pramuka Penggalang 2016


Pelantikan Pramuka Penggalang adalah kegiatan tahunan di SMP Labschool. Kegiatan ini diperuntukkan bagi siswa baru SMP Labschool yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler wajib Pramuka. Tujuan dari kegiatan pelantikan ini adalah melantik calon Pramuka Penggalang menjadi Pramukan Penggalang. Para peserta yang akan dilantik adalah mereka yang sudah menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum tingkat Ramu.

Pada tahun ini, kegiatan Pelantikan Pramuka Penggalang dilaksanakan dari hari Sabtu tanggal 27 Februari dari pagi hingga sore hari di Studio Alam TVRI di Cibubur.

Pada hari Sabtu pagi jam 5. WIB, saya sudah bangun dan segera bersiap-siap mengikuti kegiatan Pelantikan Pramuka Penggalang. Setelah mandi dan sarapan segera saya kenakan seragam pramuka sesuai dengan petunjuk kegiatan. Setelah itu saya ambil tas ransel yang sudah terisi dengan semua perlengkapan. Tidak lupa juga saya bawa tongkat pramuka yang sudah dicat berwarna merah dan kuning yang sudah saya persiapkan sehari sebelumnya. Kemudian saya menuju ke mobil yang akan mengantarkan saya ke sekolah. Para peserta sudah harus mencapai sekolah sebelum jam 6.30 WIB.

Saya tiba di sekolah sebelum jam 6.30 WIB. Setelah pamit dengan orang tua yang mengantarkan saya, kemudian dengan bergegas saya berlari menuju Hall Masjid SMP Labschool tempat para peserta Pelantikan Pramuka Penggalang berkumpul. Setibanya di Hall, ternyata sudah cukup banyak teman teman saya yang sudah tiba terlebih dahulu. Setelah semua peserta tiba, kami diperintahkan untuk berkumpul sesuai dengan regu masing-masing, dan bersiap-siap untuk berangkat ke lokasi kegiatan.

Kemudian para peserta diperintahkan untuk membawa semua perlengkapan dan menuju ke mobil tronton yang sudah dipersiapkan untuk membawa para peserta ke lokasi pelaksanaan kegiatan. Lama perjalanan diperkirakan sekitar 2 jam. Selama diperjalanan, untuk mengisi waktu kami bercerita dan bercanda.

Kami tiba di tujuan kira-kira jam 9.00 WIB. Setelah para peserta turun dari mobil, kami pun meletakkan barang-barang bawaan di tempat yang sudah disediakan. Setelah itu para peserta diperintahkan untuk berkumpul sesuai dengan regu masing-masing.
Kegiatan pertama adalah bermain white game. Pada permainan ini terdapat 5 pos, dimana setiap pos berisi perintah-perintah dalam kegiatan Pramuka yang harus dilaksanakan oleh peserta. Setelah permainan white game, para peserta dipersilahkan untuk beristirahat dan makan siang. Setelah makan siang, para peserta melaksanakan shalat Dzuhur yang digabung dengan shalat Asar (jamak).

Kemudian tibalah kegiatan utama yaitu pelantikan Pramuka Penggalang. Pelaksanaan pelantikan ini dilaksanakan secara simbolis dengan menyematkan tanda Nomor Gudep ke lengan kanan baju Pramuka para peserta.

http://wijayalabs.com/wp-content/uploads/2016/03/pramuka-labschool1.jpgSetelah kegiatan pelantikan selesai, kami pun membereskan barang-barang bawaan dan segera membawanya ke tronton untuk bersiap-siap kembali ke SMP Labschool. Perjalanan pulang diperkirakan sekitar 2 jam. Seperti waktu keberangkatan, selama diperjalanan pulang ini kami saling bercerita dan bercanda. Kurang lebih pukul 17.00 WIB, kami pun tiba di SMP Labschool.

Setibanya di SMP Labschool, para peserta dipersilahkan untuk kembali ke rumah masing-masing. Saya pun kembali ke rumah dengan dijemput oleh orang tua saya. Kegiatan Pelantikan Pramuka Penggalang ini mengingatkan saya dengan kegiatan Saksi yang saya ikuti 3 minggu sebelumnya. Saya merasakan makna dari kegiatan Pelantikan Pramuka ini yaitu agar pramuka yang dilantik mendapat kesan yang mendalam dan membuka hatinya terhadap nilai-nilai positif yang telah ditanamkan sebagai Pramuka Penggalang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates